Senin, 04 Maret 2013

Perintah Tuhan VS Perintah Manusia


 VS 

Banyak orang Kristen bertanya, sampai sejauh mana kita harus menaati perintah manusia, seperti perintah orang tua, perintah pimpinan di tempat kerja ataupun perintah dari pemerintah? Apakah semua perintah mereka harus kita taati? Apakah perintah mereka yang bertentangan dengan firman Tuhan juga harus kita lakukan? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita bisa menyimak pernyataan Petrus dan Yohanes kepada Mahkamah Agama Yahudi yang menangkap mereka ketika memberitakan Kabar Baik. Petrus dan Yohanes berkata bahwa ketika mereka dihadapkan pada pilihan antara menaati perintah manusia atau menaati perintah Tuhan, maka mereka akan memilih untuk menaati perintah Tuhan (Kis 4:18-20). Mereka akan tetap memberitakan Kabar Baik kepada orang banyak, sebab itulah yang diperintahkan Tuhan Yesus kepada mereka. Di sini jelas bahwa Petrus menempatkan perintah manusia, dalam hal ini perintah para pemimpin agama Yahudi, di bawah perintah Tuhan. Dengan kata lain, mereka akan menaati perintah manusia sejauh itu tidak  bertentangan dengan perintah Tuhan. Tetapi, kalau perintah itu bertentangan dengan perintah Tuhan, maka mereka akan lebih memilih untuk menaati perintah Tuhan daripada menaati perintah manusia tersebut.

Demikianlah kita dalam menaati perintah manusia, baik perintah orang tua kita, perintah atasan kita, ataupun perintah pemerintah. Kita harus menaati mereka dalam segala hal, kecuali jika hal tersebut bertentangan dengan firman Tuhan. Jika orang tua kita memerintahkan kita untuk selalu mendoakan mereka ketika mereka telah meninggal, maka hal itu tidak perlu kita taati. Tetapi, jika mereka menyuruh kita untuk rajin bekerja, berbakti pada orang tua, maka kita harus menaatinya. Karena, Alkitab juga mengajarkan agar kita menaati orang tua kita. Jika pemerintah melarang kita untuk beribadah dan memberitakan Kabar Baik, maka hal itu tidak perlu kita taati. Tetapi, jika pemerintah membuat peraturan untuk membayar pajak, terlibat gotong royong, maka hal itu perlu kita taati, sebab Alkitab juga mengajarkan kita tunduk kepada pemerintah (Rom 13:1-7).

Marilah kita menaati perintah orang tua, pemerintah, dan sebagainya, sejauh perintah-perintah itu tidak bertentangan dengan perintah Tuhan..

OK....  ^_^*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar