Kamis, 03 Januari 2013

ANDA BAIK DI MATA TUHAN





Kaum wanita masa kini sangat peduli bahkan cenderung sensitif dengan urusan citra tubuh atau body image. Sejumlah wanita menjadi stres apabila berat badannya naik sedikit saja. Tidak heran apabila pusat-pusat kebugaran kemudian menjadi tempat yang paling banyak dicari demi mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Majalah mode pun menjadi bacaan untuk mendapatkan informasi trend bentuk tubuh terkini.

Defenisi "cantik" ternyata mengalami pergeseran dari masa ke masa. Zaman dulu, tubuh padat cenderung gemuk dianggap ideal oleh kaum wanita, seperti tubuh permainsuri raja Mesir, Ken Dedes, pendiri kerajaan Singosari. Namun kini, tubuh skinny yang super langsing dan cenderung sangat kurus menjadi tubuh idaman para model. Bukan hanya kaum wanita, kaum pria pun kini banyak yang terjebak untuk mengikuti standar tubuh ideal yang sering diiklankan di majalah-majalah mode serta produk-produk kesehatan.

Seseorang akan kehilangan gambar dirinya jika pada akhirnya ia terjajah untuk mengikuti apa kata iklan.
Citra diri, yakni bagaimana kita memandang diri sendiri, semua berawal dari hati (Ams 27:19; Ams 23:7).
Salahkah bila kita mendambakan bentuk tubuh yang ideal? Tentu tidak. Justru firman Tuhan di dalam 1 Tes 5:23 mendorong setiap orang percaya untuk berusaha memiliki roh, jiwa dan tubuh yang terpelihara sempurna dan tak bercacat saat kedatangan Tuhan Yesus kelak kedua kali.

Jadi, memiliki kondisi tubuh yang sempurna juga merupakan perintah Tuhan. Hanya, jangan lupakan prinsip keseimbangan. Kita tidak bisa hanya fokus memikirkan fisik saja, tetapi juga harus memberi perhatian dengan sama baiknya pada kondisi roh dan jiwa kita. 1 Tim 4:8 berkata, "Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang." Jika ternyata latihan rohani (ibadah) itu berguna sampai kepada hidup yang akan datang, marilah kita memberi perhatian pada perkara sorgawi juga.

Dalam dunia seni rupa ada istilah masterpiece, yaitu sebuah karya atau ciptaan berkualitas sangat tinggi yang dibuat oleh seorang ahli dengan tingkat kesulitan pembuatan yang juga sangat sulit. Tahukah anda bahwa kita semua adalah masterpiece-nya Tuhan? Tuhan menciptakan kita dengan tangan-Nya sendiri (Mzm 119:73) dan menenun kita sejak masih di dalam kandungan (Mzm 139:13), bahkan kita diawasi dan dijaga seperti biji mata-Nya sendiri (Ul 32:10).

Jika anda memiliki konsep gambar diri yang benar, maka anda tahu bahwa anda indah di mata Tuhan. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Tuhan, manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi Tuhan melihat hati (1 Sam 16:7).

^_^*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar