Sabtu, 05 Januari 2013

HIDUP ORANG KRISTEN



1 Petrus 4:7-11

Apakah trademark kita sebagai orang Kristen? Banyak orang yang mengatakan bahwa ciri khas kita sebagai orang Kristen terlihat dari perbuatan kasih yang kita lakukan. Namun kasih apakah yang dimaksud? Sebab setiap orang, bahkan orang di luar Kristus, dapat menunjukkan kebaikan kepada orang lain.

Mereka selalu membagikan apa yang mereka miliki kepada anak miskin, janda-janda, maupun anak panti asuhan. Apa dasar perbuatan baik yang kita lakukan kepada orang lain? Selain kasih, apakah gaya hidup orang Kristen sesungguhnya?

Ayat 7, hidup orang Kristen adalah hidup yang dihiasi dengan doa. Doa harus menjadi life style setiap orang percaya. Biarkan diri kita tenang sehingga kita dapat berdoa kepada Tuhan.

Ayat 8 dan 10, dimana kita harus saling mengasihi dan melayani antara satu dengan yang lain. Allah telah lebih dahulu mengasihi dan melayani kita lewat pengorbanan anak-Nya. Allah menyatakan kasih-Nya kepada kita walaupun kita tidak mengasihi-Nya. Kasih seperti itulah yang harus kita tunjukkan kepada orang lain. Dasar dari perbuatan baik kita kepada orang lain adalah karena kita mengasihi Yesus. Itulah yang membedakan kita dengan orang lain dalam hal memberi. 

Ayat 9, makna yang terkandung dalam ayat tersebut sangatlah dalam. Yang dikehendaki tidak hanya memberi tumpangan akan tetapi juga menunjukkan kasih persaudaraan kepada orang asing sekalipun. Dan kita harus melakukannya dengan tidak bersungut-sungut.

Memberi kepada orang-orang yang dekat dalam hidup kita adalah perbuatan yang sangat baik, namun memberi kepada orang lain yang belum kita kenal sebelumnya adalah tindakan kasih yang istimewa. Oleh karena itu, jangan heran jikalau pada suatu hari Roh Kudus menggerakkan hatimu untuk memberi kepada orang lain dalam jumlah yang besar. Yang kita harus lakukan adalah taat dan melakukannya dengan tidak bersungut-sungut. Jangan pernah berteori tentang kasih sebab kasih itu adalah gaya hidup dan praktek hidup.

^_^*



Tidak ada komentar:

Posting Komentar