Selasa, 08 Januari 2013

KEMURAHAN YANG TIDAK MURAHAN


(1 Petrus 1:17-21)

Seringkali Kemurahan menjadi Murahan apabila sang pemberi tidak memberi dari yang terbaik yang ia miliki. Melalui Rasul Petrus dalam tulisannya kepada orang-orang pendatang yang tersebar di Portus, Galatia, dan Bitinia. (1 Ptr 1:1) kita diingatkan bahwa ada Kemurahan yang tidak Murahan. Yang dimaksud orang-orang pendatang adalah mereka yang dipilih sesuai rencana Allah dan telah dikuduskan oleh Roh Kudus.

Tuhan Yesus adalah satu-satunya pribadi yang telah memberikan bukan saja yang baik melainkan yang terbaik yang Ia miliki. Kemurahan-Nya telah menjadikan kita sangat berharga. Ada beberapa hal yang bisa kita pelajari dari Kemurahan Tuhan Yesus.

Tidak memandang muka
Ayat 17
Kemurahan Tuhan Yesus dibuktikan bukan saja kepada orang yahudi, Israel saja tapi juga kepada semua orang tanpa terkecuali. Kemurahan Tuhan Yesus tidak dibatasi dengan suku, agama, harta, tingkat pendidikan atau apapun juga. Kemurahan-Nya bersifat Universal.

Yang terbaik
Ayat 19
Kemurahan Tuhan Yesus diwujudnyatakan melalui pemberian yang terbaik yang tidak ternilai harganya sehingga tidak bisa digantikan dengan apapun. Tuhan Yesus menebus kita bukan dengan barang yang fana bukan dengan emas, perak sebab semua itu dapat tergantikan, melainkan dengan Darah yang mahal sebab tidak berca dan bercela. Darah Tuhan Yesus diumpamakan seperti darah anak domba yang biasa dipakai sebagai tanda penebusan atas dosa, dalam tradisi Yahudi mengorbankan darah anak domba adalah korban yang terbaik masa itu.

Memberikan pengharapan
Ayat 21
Kemurahan yang dinyatakan Tuhan Yesus bukanlah kemurahan sesaat yang hanya terjadi pada satu masa. Kemurahan Tuhan Yesus menimbulkan Iman dan Pengharapan bagi semua orang yang telah menerima-Nya. Pengharapan yang dimaksud adalah pengharapan yang hanya berdasarkan Firman Tuhan sehingga dalam kondisi dan situasi apapun orang Percaya bisa tetap berdiri teguh.

Itulah sebabnya bagi dunia Kemurahan Tuhan Yesus yang dinyatakan melalui salib merupakan suatu kebodohan dan murahan, tetapi bagi orang percaya Kemurahan Tuhan Yesus bukanlah murahan tetapi sebuah harga yang tidak dapat dinilai dengan apapun. Haleluya... ^_^* 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar